10 Tempat Wisata Di Bali Timur yang cetar mebahana

17 views Leave a comment

Ketika Anda dan keluarga bepergian ke Bali, cobalah untuk mengunjungi tempat wisata Bali Timur. Ada banyak tempat wisata yang menarik untuk Anda dan keluarga kunjungi dan jelajahi. Tempat wisata Bali Timur tidak kalah indah dan menawan dengan wilayah Bali lainnya. Wilayah Bali Timur dikenal sebagai pusat religi agama Hindu di Bali karena Gunung Agung yang dianggap sebagai gunung suci berada di wilayah ini. Selain itu, wilayah Bali Timur juga dikenal sebagai tempat yang memiliki daya tarik kebudayaan dan ekosistem yang baik. Wisata Bali Timur juga memiliki tempat yang menampilkan keindahan kawah dan danau yaitu Batur Geopark.

Anda dan keluarga mungkin masih merasa asing dan belum banyak mengetahui tentang wisata Bali Timur. Ada banyak tempat wisata yang menarik dan indah yang akan sangat sayang sekali jika Anda dan keluarga lewatkan begitu saja. Oleh karena itu, berikut 10 tempat wisata Bali Timur yang wajib Anda dan keluarga kunjungi.

 

Pura Besakih yang kental nuansa religi

Pura Besakih adalah tempat wisata Bali Timur yang wajib Anda dan keluarga kunjungi. Perjalanan Anda tidak akan lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pura yang terbesar dan paling megah yang ada di Pulau Bali ini. Pura Besakih ini terletak di kaki Gunung Agung yang tingginya 1000 meter di atas permukaan laut. Anda dan keluarga tidak hanya akan menikmati keindahan Pura Besakih, akan tetapi juga melihat pemandangan keagungan Gunung Agung. Tak heran jika, tempat wisata Bali Timur ini menjadi tempat yang sangat disukai baik wisatawan dalam negeri, maupun mancanegara.

Wisata Bali Timur dikenal sebagai pusat religi agama Hindu di Bali. Di Pura Besakih inilah pusat kegiatan agama Hindu masyarakat Bali dilaksanakan. Pura Besakih ini dibangun untuk Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa. Pura Besakih ini memiliki 1 pura yang dijadikan pusat yaitu Pura Penataran Agung Besakih dan ada 17 pura lainnya yang berada di sekelilingnya. Tempat wisata Bali Timur ini memang tak boleh Anda dan keluarga lewatkan.

Air Panas Toya Bungkah

Batur Geopark yang diakui oleh dunia

Wisata Bali Timur memiliki tempat wisata yang mampu membuat Anda dan keluarga terpana. Batur Geopark merupakan taman wisata alam pertama di Indonesia yang mendapat pengakuan dari dunia dan masuk ke dalam daftar UNESCO pada September 2012 lalu. Alasannya karena tempat wisata Bali Timur ini memiliki keindahan alam, sejarah arkeologi, geologi, dan juga keunikan budaya.

Di tempat wisata Bali Timur ini Anda tidak perlu meragukan keindahan pemandangan alam yang disuguhkan oleh taman alam ini. Anda dan keluarga dapat menikmati pemandangan gunung yang berdiri kokoh, langit yang biru nan cerah dan awan putih yang berjalan beriringan, kawah gunung api, dan danau yang indah. Jadi, tunggu apalagi? Segera masukkan Batur Geopark yang ada di wisata Bali Timur ini ke dalam daftar kunjungan Anda dan keluarga.

Pura Goa Lawah yang penuh misteri

Pura Goa Lawah menjadi salah satu pura yang juga harus Anda dan keluarga kunjungi di daftar wisata Bali Timur. Pura Goa Lawah ini merupakan salah satu pura yang dianggap suci di Pulau Bali. Pura Goa Lawah juga menjadi tempat tinggal bagi ratusan bahkan ribuan kelewalar. Nama pura tempat wisata Bali Timur ini pun diambil dari kata lawah yang berarti kelelawar sehingga memiliki arti goa yang memiliki ribuan kelelawar.

Untuk mencapai tempat wisata Bali Timur ini, Anda dan keluarga harus menempuh perjalanan kira-kira sejauh 50 km dari kota Denpasar. Memang jarak yang ditempuh sangat jauh, akan tetapi jika membayangkan keindahan yang menanti Anda dan keluarga tentunya tampak sepadan. Pura Goa Lawah ini memiliki tampilan yang penuh misteri yang mampu membuat Anda penasaran. Jelajahilah wisata Bali Timur ini bersama keluarga Anda.

Candidasa yang tenang

Wisata Bali Timur ini menawarkan ketenangan untuk Anda dan keluarga karena jauh dari keramaian kota. Candidasa merupakan tempat yang sangat cocok untuk Anda dan keluarga menikmati dan menghabiskan masa liburan karena tempat ini memiliki pantai, restoran, kafe, dan tempat untuk menginap. Perjalanan ke Candidasa memerlukan waktu selama satu jam dari Bandara Udara Ngurah Rai dengan jarak tempuh kira-kira 65 km. Candidasa mungkin tidak seramai daerah pantai lainnya seperti Kuta atau Sanur, akan tetapi wisata Bali Timur ini juga memiliki fasilitas hotel berbintang lima yang tak kalah bagus.

Jika Anda dan keluarga menyukai dan menikmati olahraga air, maka wisata Bali Timur ini merupakan pilihan yang tepat. Tempat olahraga air populer Tanjung Benoa berada tidak jauh dari Candidasa. Wisata Bali Timur ini juga sering dijadikan sebagai tempat menginap para penyelam yang ingin menyelam di Amed atau Tulamben.

Tulamben yang unik

Wisata Bali Timur ini merupakan tempat yang populer untuk menyelam maupun snorkeling. Lalu apa yang membuat tempat ini unik? Yang menjadi daya tarik keunikkan tempat ini adalah Kapal US Liberty yang karam karena diserang oleh Jepang ketika Perang Dunia ke-2 pada tahun 1942. Kapal Amerika ini karam hingga ke kedalaman 30 meter. Kemudian kapal ini menjadi tempat hidup biota laut dan mampu menyajikan pemandangan yang sangat indah. Tulamben merupakan sebuah desa nelayan yang memiliki jarak sejauh 82 km dari Kota Denpasar. Jika Anda dan keluarga suka menyelam ataupun berenang, maka wisata Bali Timur yang menjadi salah satu tempat menyelam terbaik ini wajib dikunjungi.

Taman Air Tirta Gangga milik Kerajaan Karangasem

Tirta Gangga merupakan taman air yang berada di wisata Bali Timur. Taman air ini bukanlah sekedar taman air biasa. Taman air ini merupakan taman air Kerajaan Karangasem yang dibangun oleh sang Raja Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung pada tahun 1946. Di Tirta Gangga ini Anda dan keluarga dapat menikmati pemandangan taman, patung, dan kolam air. Tempat wisata Bali Timur ini dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektar ini memiliki tiga tingkat yaitu tingkat terendah kolam dan air mancur, tingkat kedua kolam renang dan sebuah bangunan, dan yang tertinggi sebuah mata air yang terdapat di bawah rindangnya pohon beringin.

Kerta Gosa tempat diskusi Kerajaan Klungkung

Kerta Gosa yang berada di daftar wisata Bali Timur ini merupakan bagian dari komplek Kerajaan Klungkung. Kerta Gosa biasanya dijadikan tempat diskusi untuk membicarakan tentang masalah kemakmuran rakyat Kerajaan, situasi keamanan Kerajaan, dan keadilan di Kerajaan. Kerta Gosa yang dibangun oleh Raja Dewa Agung Jambe pada tahun 1686 ini memiliki dua bagian yaitu bale Kerta Gosa dan bale Kambang. Kerta Gosa juga digunakan sebagai tempat pengadilan. Jika Anda dan keluarga menyukai wisata sejarah, maka wisata Bali Timur yang satu ini tidak boleh dilewatkan.

desa tenganan bali

Desa Tenganan yang sarat dengan budaya leluhur

Wisata Bali Timur ini termasuk ke dalam desa Bali Aga. Desa ini masih memegang kuat peninggalan budaya leluhur yang ditinggalkan sebelum zaman Kerajaan Majapahit. Desa ini memiliki arsitektur bangunan yang masih mempertahankan budaya leluhur yang diberikan secara turun-menurun. Tak hanya itu, kebudayaannya pun masih mereka pegang erat seperti tradisi perang pandan yang dilakukan untuk melatih warga Desa Tenganan. Wisata Bali Timur ini juga memiliki hasil tenun kain Gringsing yang terkenal hingga ke mancanegara.

Desa Penglipuran

Desa Penglipuran yang sangat rapi dan teratur 

Wisata Bali Timur ini merupakan desa adat yang memiliki tata letak dan arsitektur yang sangat rapi dan teratur. Jika Anda dan keluarga ingin mengunjungi desa ini, maka Anda perlu membayar biaya tiket masuk dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 7.500 untuk wisatawan dalam negeri, sedangkan untuk wisatawan asing seharga Rp 10.000. Wisata Bali Timur ini memiliki udara yang bersih dan sejuk karena lokasinya yang berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut.

Taman Ujung dengan keunikan arsitekturnya

Wisata Bali Timur ini juga sering disebut sebagai Taman Sukasada. Di taman yang digunakan sebagai tempat peristirahatan Raja Karangasem ini Anda dan keluarga dapat menikmati pemandangan 3 kolam besar, pantai Ujung, dan bukit Bisbis. Wisata Bali Timur ini memiliki keunikan di bagian arsitekturnya karena menggabungkan gaya Eropa pada zaman pertengahan dan arsitektur Bali.

Bagikanlah...