Jika bandara Singaraja impian yang jadi kenyataan 10 tempat wisata di Bali utara ini akan ramae di kunjungi wisatawan

39 views Leave a comment

Wisata Bali Utara menyimpan potensi yang tak kalah besar dibandingkan dengan beberapa kabupaten lain di Pulau Bali. Anda bisa menemukan banyak wisata laut maupun pegunungan disini. Wisata Bali Utara, tepatnya di Buleleng, adalah daerah yang memiliki Singaraja sebagai ibukotanya.

Buleleng mungkin tidak terlalu populer seperti daerah lainnya karena jaraknya yang jauh dari kabupaten lainnya. Anda membutuhkan waktu kurang-lebih  2,5 jam untuk sampai di Buleleng dari Denpasar. Jika Anda menuju ke Buleleng dari Pelabuhan Gilimanuk, Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Berikut ini daftar beberapa Wisata Bali Utara yang bisa Anda nikmati.

AIR TERJUN GITGIT

Gitgit Waterfall

Gitgit Waterfall berada di Kecamatan Suksada, tepatnya di Desa Gitgit. Air terjun ini berada sekitar 11 kilometer dari Singaraja. Gitgit waterfall memiliki ketinggian kurang-lebih 35 meter. Air terjun ini memiliki hawa yang cukup sejuk serta pemandangan yang sangat indah.

Untuk menuju Gitgit Waterfall, Anda harus berjalan kaki. Jika Anda kebingungan, Anda bisa menggunakan jasa mengantar yang ditawarkan oleh pemuda setempat. Di sekitar air terjun ini, Anda akan disuguhkan dengan hamparan perkebunan kopi dan cengkeh, persawahan, pepohonan bambu dan suara air terjun yang membuat hati dan pikiran tenang. Dijamin Anda akan merasa rileks disini.

 

lumba lumba lovina bali

Pantai Lovina

Pantai Lovina berada di kawasan Wisata Bali Utara. Pantai Lovina sudah terkenal sangat lama, terutama dengan keunikannya yaitu Anda dapat melihat hewan lucu yang pintar yakni Lumba-lumba. Ya, andalan utama dari pariwisata Pantai Lovina yakni pemandangan Lumba-lumba Lovina langsung di habitatnya.

kijang di menjangan

Pulau Menjangan

Pulau Menjangan berjarak kurang-lebih 76 kilometer dari Kota Singaraja. Untuk mencapai tempat ini, Anda diharuskan menggunakan boat atau perahu motor dari Labuhan Lalang kurang-lebih selama 30 menit.

Pulau Menjangan adalah pulau kecil yang tak berpenghuni dan memiliki luas daerah sekitar 175 hektar yang terdiri atas batu-batuan vulkanik, batuan karang dan tanah vulkanik berwarna hitam. Pulau ini dulunya populer karena keberadaan hewan menjangan.

Pulau Menjangan memiliki keindahan laut yang sayang sekali jika Anda lewatkan. Anda bisa memanfaatkannya dengan melakukan olahraga air seperti scuba diving ataupun snorkeling di menjangan . Anda bisa melihat pemandangan terumbu karang serta flora fauna yang indah di bawah laut Pulau Menjangan.

Terutama jika kondisi lautnya sedang baik, dengan airnya yang jernih, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang indah. Sebaiknya ketika Anda melakukan olahraga air, perhatikan beberapa binatang laut yang cukup berbahaya bagi Anda. Sebagai informasi, kurang-lebih 59% dari ekspor ikan hias milik Indonesia berasal dari pulau ini.

Danau Tamblingan dan Danau Buyan

Kedua danau ini berada di Kecamatan Sukasada yang berjarak sekitar 21 kilometer dari Kota Singaraja. Danau Tamblingan dan Danau Buyan adalah danau kembar yang mempunyai pemandangan indah. Danau ini masih terjaga baik kealamiannya karena tidak menggunakan perahu motor untuk menikmati keindahan danau tersebut.

Keindahan Danau Tamblingan dan Danau Buyan dapat Anda nikmati dengan menggunakan perahu dayung ataupun dengan memancing. Kawasan Wisata Bali Utara ini menjadi semakin menarik dengan banyaknya kera yang menghiasi perjalanan Anda di sekitar Danau Buyan.

Pelabuhan Buleleng

Pelabuhan Buleleng kini sudah beralih fungsi menjadi pusat jajanan yang lengkap. Padahal dulunya, Pelabuhan Buleleng merupakan Pelabuhan terbesar di Bali pada tahun 1950-an. Nama besarnya kini sudah hilang tertelan jaman.

 

 

perahu lovina bali

Pantai Giri Emas

Pantai Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan, Buleleng, Bali kini menjadi salah satu ikon wisata baru di Buleleng. Pantai yang tenang dan hamparan pasir yang luas menjadi tempat wisata yang cukup nyaman untuk dikunjungi.

Dari Singaraja menuju Desa Giri Emas kurang lebih berjarak sekitar 13,8 kilometer ke arah timur. Warga Desa setempat sejauh ini juga cukup gencar melakukan berbagai promosi wisata serta aksi penghijauan dan pelestarian lingkungan sekitar pantai.

Yeh Sanih

Yeh Sanih, yang berarti air sanih berada di timur Singaraja, berjarak kurang-lebih 17 kilometer. Yeh Sanih merupakan pemandian alami yang memiliki sumber air jernih. Sejarahnya, dahulu Yeh Sanih adalah pemaindian yang digunakan oleh para pasangan muda. Asal-usulnya dikatakan berasal dari Danau Batur. Air sanih ini seringkali dipakai saat upacara bagi pemeluk agama Hindu di Bali. Di Yeh Sanih terdapat pula pura yang dimaksudkan untuk dewa Wisnu.

Singsing Waterfall

Singsing Waterfall berada tak jauh dari Pantai Lovina. Karena lokasinya yang dekat ini, Anda bahkan bisa berjalan kaki untuk mencapainya dari Pantai Lovina. Tetapi, jalanan menuju air terjun ini cukup mendaki, sehingga cocok jika ingin melakukan trekking. Volume dari air terjun Singsing Waterfall cenderung menurun ketika di musim kemarau. Singsing Waterfall berada di Desa Temuskus, tepatnya di Banjar Labuhan Haji yang memiliki jarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Lovina. Anda bisa mencapainya menggunakan kendaraan bermotor menuju desa Tigawasa.

Dekat dengan Singsing Waterfall, ada monumen Belanda yang dibangun oleh Pemerintah Belanda jaman dahulu dalam rangka memperingati gugurnya salah satu perwira mereka pada perang Banjar. Tetapi monumen tersebut akhirnya dihancurkan pada tahun 1956 karena dianggap seperti menghormati penjajah tersebut.

Air Terjun Melanting Buleleng

Air Terjun Melanting

Air Terjun Melanting berada di Kecamatan Banjar, Buleleng, atau tepatnya di desa Munduk. Ada dua air terjun yang berada di desa Munduk, yakni air terjun Melanting serta air terjun Munduk.

Air Terjun Melanting berjarak sekitar 77 kilometer dari Denpasar, dan memerlukan waktu perjalanan selama kurang-lebih 2,5 jam dengan estimasi perjalanan Anda lancar. Tetapi, dari Kota Singaraja, Anda hanya perlu menempuh jarak 26 kilometer atau selama 1 jam untuk sampai ke Air Terjun Melanting ini.

Keunikan dari Air Terjun Melanting ini yakni tempatnya yang ada di tengah-tengah kebun kopi serta kebun teh. Suara burung yang berkicau serta deburan air terjun akan menemani perjalanan Anda selama menuju ke lokasi ini.

Air Terjun Melanting memiliki ketinggian sebesar 20 meter, tidak terlalu tinggi memang jika dibandingkan dengan Gigit Waterfall yang ketinggiannya mencapai 48 meter. Di Air Terjun Melanting, Anda bisa berendam maupun mandi. Disini ada tiket masuk yang dikenakan untuk Anda yakni sebesar Rp 2.000/orang untuk anak-anak dan Rp 5.000/orang untuk orang dewasa.

Pantai Penimbangan

Pantai Penimbangan berada di Desa Pemaron, Kota Singaraja. Panti ini sangat bersih dan dikelola baik. Banyak orang yang memanfaatkan pantai ini untuk jogging di pagi hari, maupun untuk duduk-duduk menikmati keindahan suasana Pantai Penimbangan ini. Selain itu, pantai ini juga populer sebagai tempat nongkrong bagi masyarakat kota Singaraja.

Banjar Hotspring

Banjar Hotspring juga berada tak jauh dari Pantai Lovina. Banjar Hotspring merupakan pemandian air panas. Pemandian air panas ini berjarak kurang-lebih 5 kilometer dari Pantai Lovina atau 1 kilometer dari Wihara Buddha.

Banjar Hotspring ini kira-kira usianya lebih dari ratusan tahun karena sudah ada sejak masa penjajahan Jepang, dan sempat diperbaiki pada masa itu. Saat itu Jepang membuat 3 kolam untuk berendam karena air yang ada disini mengandung belerang yang baik untuk kulit serta bersifat menyembuhkan.

Hingga sekarang, Banjar Hotspring juga masih banyak dimanfaatkan khasiatnya oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda bisa memanfaatkan airnya yang jatuh cukup deras untuk seolah-olah memijit punggung Anda, apalagi mengingat khasiatnya yang bagus untuk kulit Anda.

Pemaindian ini memiliki beberapa tingkat. Pada tingkat pertama, ada beberapa pancuran yang memungkinkan para wisatawan untuk mandi air panas. Selain itu juga terdapat kolam kecil di tingkat pertama ini. Sedangkan pada tingkat kedua, Anda dapat menggunakan kolam yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kolam yang ada di tingkat pertama.

Itulah daftar-daftar tempat wisata yang bisa Anda pilih untuk nikmati ketika Anda dan keluarga memutuskan untuk berwisata di Pulau Bali dengan memanfaatkan paket tour bali termurah, terutama di Bali Utara yakni Wisata Bali Utara.

Bagikanlah...