14 Tempat Wisata di Buleleng yang berdekatan dengan pantai Lovina

191 views

Saat anda merencanakan liburan ke Bali dan ingin mengetahui tempat wisata di Buleleng yang bedekatan dengan pantai Lovina, bersyukurlah sejenak kehadapan tuhan yang maha esa, karena saat ini kami Wisata Baliku salah satu ribuan travel yang ada di Indonesia Raya mencoba merangkum dan mengulas tentang tempat wisata yang ada di Bali utara saat anda berkunjung ke Pantai Lovina anda dan sobat sobat bisa mengunjungi tempat tempat indah yang ada di Bali Utara yang sepantasnya anda tengok dan di jadikan tempat untuk berselfie ria. berikut ulasanya ,

 

1.Air Terjun Singsing

Air Terjun Singsing adalah obyek wisata alam yang terletak di daerah perbukitan ini pengunjung dapat menikmati panorama alam yang masih asri dan elox, gemericik air yang jatuh dari ketinggian, kicauan burung merdu dan nyaring yang bertengger di atas pepohonan serta hamparan samudra bali utra yang terlihat dari kejauhan. Selain itu, tidak jauh dari air terjun Singsing pengunjung juga dapat menyaksikan sebuah monumen yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda untuk memperingati gugurnya seorang perwira Belanda dalam perang Banjar pada tahun 1868.

AlamatTigawasa, Kec. Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali 81152

Temapt Wisata di Buleleng

2.Museum Gedong Kirtya

Museum yang memiliki luas area sekitar 310 meter persegi ini nampak unik. Berdiri pada tanggal 2 Juni 1928 dan mulai dibuka untuk umum pada tanggal 14 September 1928. Museum Gedong Kirtya berada di kawasan Kota Singaraja, tepatnya Jalan Veteran No. 20, Singaraja, tidak jauh dari Kantor Bupati Buleleng berada. Jika Anda datang dari Pantai Lovina, hanya berjarak 10 kilometer ke menuju timur . Dari luar akan nampak bangunan arsitektur kuno. Sekilas, seperti bangunan tak berpenghuni tanpa adanya unsur kemegahan, nampak sangat sederhana. Sejatinya, di sini ada ribuan koleksi lontar yang tersimpan rapi dalam kotak yang disebut keropak yang panjangnya sekitar 60 centimeter.

AlamatJl. Veteran, Paket Agung, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81118

Museum Lontar Gedong Kirtya Buleleng

3 Pantai Giri Emas

Pantai Desa Giri Emas, Kecamatan Sawan, Buleleng, Bali kini menjadi salah satu ikon wisata baru di Buleleng. Pantai yang tenang dan hamparan pasir yang luas menjadi tempat wisata yang cukup nyaman untuk dikunjungi.

Dari Singaraja menuju Desa Giri Emas kurang lebih berjarak sekitar 13,8 kilometer ke arah timur. Warga Desa setempat sejauh ini juga cukup gencar melakukan berbagai promosi wisata serta aksi penghijauan dan pelestarian lingkungan sekitar pantai.

Melihat potensi wisata yang cukup bagus, Pemerintah Kabupaten Buleleng langsung turun tangan untuk memperkenalkan daerah ini ke khalayak umum dengan menggelar lomba olahraga tradisional.

AlamatDesa, Giri Emas, Kabupaten Buleleng, Bali 81171
Telepon: 0811-3893-550

Pantai Giri Emas Buleleng

4. Pura Beji Desa Sangsit

Pura Beji Desa Sangsit jadi satu dari sekian banyak pura unik yang bisa ditemukan di Bali Utara, Pura ini merupakan salah satu pura kuno dengan desain arsitektur klasik  yang masih terjaga keasliannya hingga sekarang. Meski, sangat disayangkan karena tidak ada catatan sejarah yang pasti mengenai keberadaan pura ini.

AlamatJl. Raya Sangsit, Sangsit, Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali 81171

Pura Beji Desa Sangsit

5 Air Terjun Sekumpul

Untuk bisa melihat air terjun lebih dekat anda harus memiliki stamina jreng. Dari jalan utama, untuk menuju lokasi melihat Sekumpul waterfall, kita harus menuruni beberapa anak tangga, dengan rute jalan setapak yang berkiluk kiluk.

Kita belumtahu pasti berapa anak tangga yang harus dilewati, kira-kira sekitar 352 anak tangga. Selain jumlah anak tangga, kemiringan anak tangga dibeberapa tempat juga sangat tajem tapi belum setajem beritanya  Mohon tetap berhati hati dan fokus pada jalan pikiran jangan kesana kemari agar bisa menikmati yang sesunggunya.

AlamatJl. Air Terjun, Sekumpul, Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali 81171

Tempat Wisata di Buleleng berikutnya adalah Bendungan Gerokgak merupakan objek wisata bendungan yang ada di Desa Gerokgak. Objek wisata bendungan ini terletak di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng – Bali, wisatawan yang ingin berkunjung ke Bendungan ini harus menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 10 Kilometer dari Jalan Raya utama. Selain berfungsi sebagai bendungan, Bendunganini juga banyak diminati oleh pengunjung sebagai objek wisata dari berbagai daerah.

AlamatPatas, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali 81155

Bendungan Gerokgak Buleleng

7. Batu Gundul

Tempat Wisata Batu Gundul merupakan salah satu wisata alam yang terletak di kecamatan Banjar-Buleleng. Batu Gundul merupakan salah satu bukit indah yang sangat dekat dengan Wihara di dekat pengentengan serta Air Panas Banjar.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, maka bisa menikmati indahnya rerumputan dan pohon yang tumbuh di atasnya saat musim ujan tiba. Terlebih jika Anda naik diatasnya, pemandangan yang menakjubkan bumi Denbukit akan terilihat begitu mempesona terlebih lagi saat matahari terbenam pemandangan yang memukau akan nampak dari Batu Gundul.

Alamat : Kecamatan Banjar-Buleleng Bali

Bukit Batu Gundul Banjar

8. Air Sanih

Objek Wisata Kolam Renang Alami Air Sanih bukanlah tempat wisata baru yang bisa di temui di Bali. Masyarakat Bali Utara, sudah tau keberadaan tempat ini sejak tahun 1931-an. Mereka pun kerap berkunjung ke kolam renang alami ini. Bahkan, ada sejarah yang terkuak yang menjadi kepercayaan masyarakat setempat. Masyarakat setempat percaya, siapapun yang berendam santai di kolam ini, bisa banyak uang jika rajin bekerja dan menabung.

AlamatJl. Raya Air Sanih, Bukti, Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali 81172

Pura Dalem Jagaraga terletak di Desa Jagaraga, Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng yang beribukota Singaraja, dipinggir jalan jurusan Singaraja-Sawan. Desa ini terkenal dengan “Puputan Jagaraga” perang melawan Belanda pada tahun 1848 dibawah komando seortang pahlawan yang bernama I Gusti Ketut Jelantik. Lingkungan Pura Dalem ini memiliki keunikan tersendiri yaitu relief mobil kuno yang unik dan menggelitik, relief pesawat jatuh, relief orang Belanda minum bir dan lain-lain. Juga patung “Men Brayut” cerita Rakyat Bali tentang seorang ibu dengan anak banyak dan cerita cerita kuno lainya, tempat ini sangat tepat anda kunjungi jika anda salah satu pecinta relief relief bersejarah .

AlamatJagaraga, Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali 81171

Pura Dalem Jagaraga

 

 

9.Air Panas Desa Banjar

Taukah dirimu Bali pun memiliki objek wisata air panas, salah satunya Air Panas Desa Banjar. Objek wisata ini berada di Bali utara Kecamatan Banjar desanyanya pun namanya Desa Banjar.

Pesona asri dan ketenangan akan menyambut wisatawan yang datang begitu menginjakkan sandal di sini. Suasana alam pedesaan begitu terasa kental dan manis Membuat pikiran menjadi rileks dan tenang , semua tagihan kredit bulananpun akan terlupakan.

AlamatJalan Banjar, Banjar, Kec. Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali 81152 , Telepon: (0362) 92901

Air Panas Banjar Buleleng

10. Desa Traditional Sembiran

Lokasi Wisata Desa Traditional Sembiran merupakan desa tua abad megalithic terletak di daerah perbukitan di Kecamatan Tejakula ± 31 km timur kota Singaraja. Begitu memasuki bagian depan desa ini, seluruh rumah yang tertata rapi, menjulang keatas mengikuti kontur bukit bisa dilihat dengan sangat elok bangetsss. Meski kemajuan teknologi sudah merambat kesisi kehidupan desa ini, namun sisi kehidupan tradisional seperti bahasa, kebudayaan dan upacaranya masih kelihatan di berbeda di desa ini Berbagai arkeolog dunia sudah menyempatkan diri untuk mengunjungi desa ini, sekarang giliran anda dong,.

AlamatJl. Tengah Desa Sembiran Kecamatan Kubutambahan, Pacung, Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali 81173
Telepon: (0362) 21342

desa sembiran buleleng

11. Goa Raksasa Giri Emas

Terlatak di wilayah Desa Giri Emas Dangin Yeh, kecamatan Sawan terdapat sebuah Goa yang besar yang biasa orang – orang menyebutnya dengan nama Goa Raksasa mungkin karena raksasanya cowok kalo raksasanya cewek mungkin namanya Goa Raksasi hehehehe..,  Di dinding Goa tersebut terdapat sebuah Tulisan yang menurut masyarakat Desa Giri Emas bahwa tulisan tersebut tidak ada yang bisa membacanya. Namun demikian berdasarkan penelitian Prof.Dr. Rudolf Goris, tulisan tersebut merupakan Tahun Candra Sengkala yang berbunyi “WULAN BUMI KSETRA”, yang berarti tahun 933 Saka atau Jika dijadikan tahun masehi menunjukkan tahun 1071 M. untuk mencapai tempat ini masih terbilang sulit karena untuk kendaraan mobil masih di sayangkan melewati jalan ini, jika niat anda sangat kuat untuk mengunjungi tempat ini di sarankan anda menggunakan sepeda motor atau bisa juga menghubungi Wisata Baliku salah satu travel yang menjual paket liburan ke Bali dengan harga murah , anda dan siapapun yang berminat pastinya akan di berikan informasi detail tentang Goa Raksasa Giri Emas .

Alamat :  Desa Giri Emas , Kecamatan Sawan – Buleleng

Goa Raksasa Buleleng

 

12. Air Terjun Ambengan

Wisata Air Terjun Ambengan bisa menjadi salah satu destinasi wisata alam yang patut dikunjungi wisatawan karena  pesonanya  tidak kalah cantiknya dengan destinasi air terjun lainnya.
Untuk menuju kawasan wisata ini, pengunjung yang berasal dari Kota Denpasar tidak perlu takut tersesat. Selain bisa menggunakan aplikasi peta online, wisatawan bisa menggunakan penunjuk arah yang ada di sekitar Desa Sukasada, dan tentunya bisa  bertanya kepada warga Desa Sukasada mengenai lokasi air terjun ini.

Alamat: Ambengan, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161

 

Lokasi  Pantai Pemuteran sendiri sesuai namanya maka lokasinya berada di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, kabupaten Buleleng Bali.

Lokasinya berajarak sekitar 201 KM dari kawasan Tempat Wisata di Denpasar, dan berjarak sekitar 114 KM dari kawasan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai , pantai ini sangat tepat di jadikan tempat untuk para sahabat yang suka keheningan dan kedamaian.

Alamat ; Desa Pemuteran , Kecamatan Gerokgak – Buleleng

Pantai Pemuteran Buleleng

14 . Pulau menjangan

Area Wisata Pulau Menjangan adalah sebuah pulau kecil nan indah, terletak di sebelah barat Pulau Bali tepatnya di Kabupaten Buleleng berdekatan dengan Bandara Letkol Wisnu Sumberkima, Sesuai dengan namanya, pulau ini di huni oleh menjangan. Pulau ini merupakan bagian dari areal Taman Nasional Bali Barat. Pesona utama pulau ini terdapat pada keindahan pemandangan alam bawah laut, selain itu pulau ini tidak berpenghuni. Karena keindahan pemandangan bawah laut, maka pulau ini menjadi salah satu lokasi terbaik untuk tempat diving dan snokeling, jika wisatwan berniat berkunjung ke pualu ini bisa mengikuti aktivitas Snorkeling di Pulau Menjangan bersama travel yang berpengalam dan tahu persisi tentang hal tersebut .

Pulau menjangan

Sampai di sini penjelasan dan cerita kami tentang tempat Wisata di Buleleng yang berdekatan dengan pantai Lovina, semoga ulasan dan cercahan cerita di atas berguna untuk semua para  pembaca .

 

Suksma

 

om santi santi santi om

Bagikanlah...
Paket Honeymoon Bali